Senin, 24 Agustus 2015

12 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing



Pernah terpikirkan nggak  kalo kucing bisa jatuh sakit lantaran memakan makanan yang kita berikan,misalnya memberikan makanan sisa kepada kucing peliharaan di rumah. Ada beberapa makanan manusia yang dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada kucing kesayanganmu lho. Nah ini dia daftar makanan manusia yang berbahaya bagi hewan peliharaan kita, khususnya kucing :
Kafein
Jangan pernah memberikan makanan dan minuman yang mengandung kafein pada kucing, seperti teh, kopi, dan cokelat. Kafein dapat merangsang jantung dan sistem saraf secara berlebihan dan juga menyebabkan dehidrasi. Cokelat yang juga mengandung theobromine bahkan bisa menyebabkan kematian pada kucing.
Bawang
Bawang putih dan bawang merah mengandung bahan kimia yang dapat merusak sel darah merah pada kucing, serta menyebabkan anemia. Ditunjukkan dengan gejala muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.
Putih telur mentah
Pemberian putih telur mentah pada kucing akan mengakibatkan defisiensi biotin. Karena putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi keterdediaan vitamin B biotin. Biotin adalah kelompok vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan kucing. Biotin bersifat memelihar kesehatan kulit dan rambut, sangat diperlukan untuk pertumbuhan pencernaan dan agar otot berfungsi dengan baik. Vitamin ini pada beberapa hewan mempengaruhi jumlah anak per kelahiran.
Saran penyajian : jika ingin menyajikan telur utuh untuk kucing, lebih baik direbus terlebih dulu. Karena dapat mengurangi avidin, namun sayang nya juga mengurangi nilai zat makanannya. Pemberian Kuning telur lebih baik, akan tetapi yang perlu diingat, kandungan lemak kuning telur relatif tinggi. Pemberian yang terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan.
Xylitol
Xylitol adalah pemanis buatan yang dapat kita temukan di produk seperti permen, pasta gigi Xylitol dapat menyebabkan kerusakan hati. Toksisitas Xylitol dapat berakibat fatal jika tidak dapat diobat.
Minuman beralkohol
Hati-hati saat menyimpan alkohol, jangan sampai terminum oleh kucing peliharaan ya. Minuman beralkohol sendiri tidak baik untuk kesehatan manusia. Apalagi bagi kucing yang jauh lebih kecil dari manusia. minuman beralkohol akan mempengaruhi sistem saraf kucing dan akan membuat kucing muntah-muntah, diare, lesu dan dapat kehilangan koordinasi fungsi tubuh
Adonan roti mentah
Adonan roti mentah akan menimbulkan gas di dalam perut, yang bisa menimbulkan keracunan alkohol. Gejala yang ditimbulkan antara lain; muntah-muntah, disorientasi, diare, lesu, sulit bernapas, dan sebagainya.
 Alpukat
Alpukat mengandung persin, yang bisa merusak otot jantung kucing. Tanda-tanda klinis pada kucing adalah muntah, diare, lesu, dan kesulitan bernapas.
Tomat Hijau
Tomat hijau mengandung alkaloid yang pahit dan beracun bernama Glycoalkaloid Solanine. Senyawa ini bisa menimbulkan gejala gastrointestinal bawah (penyakit pencernaan). Daun dan batangnya adalah bagian yang paling berbahaya.
Susu
Hati-hati memberikan susu pada kucing. karena kucing laktosa intoleran.
Untuk anak kucing, susu biasanya bisa didapatkan langsung dari induknya. Jika ingin memberikan susu ke kucing kita, gunakanlah susu khusus kucing atau susu non laktosa.
Nasi
kucing juga tak boleh memakan nasi. Saluran pencernaan kucing itu sulit untuk mencerna karbohidrat. Nasi memang bisa menjadi sumber energi, tapi tidak perlu terlalu banyak.Karena  grains tidak dapat dicerna oleh lambung kucing dan akan membuat organ dalamnya harus bekerja lebih berat sehingga mempercepat radang usus, gagal ginjal, dan sakit pencernaan lainnyaPerbaiki dengan memberikan daging dan ikan yang kaya protein, terutama bagi kucing yang masih muda. Apabila ingin memberikan tulang, pastikan kita sudah mencincangnya hingga halus sebelum diberikan kepada kucing  
Ikan mentah
Pemberian ikan mentah dalam waktu yang lama dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B1 (thiamin) pada kucing. Vitamin B1 sangat diperlukan untuk fungsi normal otot dan saraf, juga berperan penting untuk regenerasi saraf.
Saran penyajian :  Cara untuk menyajikan ikan sebagai pakan kucing adalah dengan dimasak terlebih dulu. Jika ikan dipanaskan maka enzim thiaminase akan rusak

Anggur dan kismis
Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada kucing dan anjing. Dalam waktu 24 jam setelah makan kucing akan sering buang air kecil, muntah, diare, dan kelesuan. Jadi jangan pernah berikan anggur atau kismis pada sikucing, seberapa pun jumlahnya.
Nah mulai sekarang pilihlah makananan yang pas buat kucing kesayangan kita ya. Jangan berikan semua makanan asal mereka suka ya. Demi kesehatan mereka juga kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar